SMA NEGERI 1 CIWARU

Jalan Raya 11 April Desa Linggajaya Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat 45583

Telp. 081911441122

Visi Misi

www.smanciwaru.sch.id - Suatu lembaga yang memang dirancang khusus untuk pengajaran para murid (siswa) di bawah pengawasan para guru. Kebanyakan dalam sebuah negara mempunyai model sistem pendidikan formal yang mana hal ini sifatnya wajib. Selain itu sistem ini jugalah yang membuat para siswa bisa mengalami kemajuan dengan melalui serangkaian sekolah tersebut. Adapun menu visi misi ini berisikan sebagai berikut :

 

Visi
Unggul dalam bidang akademik dan non akademik berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dalam menghadapi tantangan abad 21
Misi

1.      Menciptakan pembelajaran yang inovatif menarik, menyenangkan dan berkarakter yang mampu memfasilitasi pelajar sesuai bakat dan minatnya.

a.       Menggunakan pembelajaran berbasis IT atau platform digitalisasi

b.      Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam

c.       Melakukan pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek

d.      Membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.

e.       Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian

f.        Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.

g.      Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang, misalnya studi club seperti: club robotik, klub penelitian remaja, club kreativitas siswa, club ajang prestasi siswa, dll.

 

2.      Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.

a.       Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik

b.      Menentukan kriteria lulusan terutama pada ujian sekolah untuk semua mata pelajaran

c.       Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba akademik seperti OSN, Debat Bahasa, Speect Contest dengan target juara.

d.      Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba non akademik bidang seni dan  olahraga, seperti O2SN, Futsal, volley, catur, LKBB dll. dengan target juara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila

a.       Melaksanakan proyek profil pelajar pancasila untuk seluruh peserta didik

b.      Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian

c.       Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.

 

4.      Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:

a.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dalam bentuk :

·         Melaksanakan do’a bersama sebelum KBM dimulai.

·         Melaksanakan membaca Surat Yaasin setiap hari Jum’at.

·         Melaksanakan Shalat wajib berjamaah.

·         Melaksanakan peringatan hari-hari besar agama Islam (PHBI).

b.      Mandiri,

Dengan sistem pembelajaran student-centered, siswa dituntut untuk mandiri karena siswa merupakan subjek dari proses pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kelangsungan dan keberhasilan proses pembelajaran

c.       Bernalar Kritis,

Setiap proses pembelajaran mengarah kepada Higher Order Thinking Skill dimana siswa dituntut untuk dapat melakukan analisa dalam pengambilan keputusan.

d.      Kreatif,

Proses pembelajaran dilakukan untuk mengasah kreatifitas siswa agar dapat menghasilkan sesuatu yang orisinal dan bermanfaat bagi masyarakat melalui Pembelajaran Berbasis Project.

e.       Bergotong-royong

Penanaman sikap bergotong royong dilaksanakan dalam bentuk:

·         Pembelajaran kolaborasi yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan kelompok.

·         Kegiatan sosial yang bertujuan untuk memupuk jiwa kepedulian dan berbagi di kalangan siswa

f.        Berkebinekaan global.

Semua kegiatan di sekolah tidak bertentangan dengan budaya luhur dan identitas bangsa Indonesia. Siswa dididik untuk menghargai budaya lain dengan tetap memegang teguh budaya luhur bangsa Indonesia