SMA NEGERI 1 CIWARU

Jalan Raya 11 April Desa Linggajaya Kecamatan. Ciwaru Kabupaten. Kuningan Provinsi. Jawa Barat 45583

Telp. 081911441122

Senin, 24 Sep 2018 - 22:19:37 Wib Sejarah Pythagoras Kategori : Matematika - Teorema Pythagoras - Dibaca: 11 kali Oleh : Administrator

Pythagoras adalah seorang ahli filsafat dan matematika yang lahir tahun 570 SM di Pulau Samos (Turki). Pythagoras juga disebut sebagai 'Bapak Bilangan', dia memberikan sumabangan yang penting dalam bidang filsafat dan keagamaan pada akhir abad k3-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.

Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras yang menyatakan:

"Kuadrat hypotenusa dari segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi siku-sikunya)". 

Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.

Pythagoras mendirikan perguruan yang banyak memberikan sumbangsih dalam bidang matematika. Pythagoras dan muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa segala sesuatu dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan oleh fenomene alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan.

Selain pembuktian dalil Pythagoras dan rumus tripel Pythagoras, perguruan ini juga membahas bilangan segitiga, bilangan persegi, bilangan segilima, bilangan sempurna, dan bilangan bersahabat.

Ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa sqrt{2}, hypotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku sama dengan 1, adalah bilangan irrsional, murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus. 



Jumat, 18 Mei 2018 10:14:09 WIB
KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan sebelumnya UKG 2012, cita-cita tentang ketersediaan guru-guru yang sekadar layak untuk mengajar masih `jauh panggang ...
Jumat, 18 Mei 2018 10:19:58 WIB
Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada ...

0 KOMENTAR



ISI KOMENTAR